Webinar Nasional BKPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Islam Ma’arif Jambi 2025

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sukses menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Konseling Literasi: Menjadi Remaja yang Cerdas di Tengah Arus Media”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting pada hari Kamis 12 Juni 2025 yang dipimpin langsung oleh Kaprodi BKPI Institut Islam Ma’arif Jambi, Nur Cahaya Nasution, M.A serta diikuti 136 peserta. Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan masyarakat umum, khususnya para remaja, mengenai pentingnya literasi media dalam menjaga kesehatan mental, membentuk karakter, serta meningkatkan kecerdasan dalam menyikapi berbagai informasi yang berkembang di era digital saat ini. Di tengah derasnya arus informasi, kemampuan memilah dan memahami konten media menjadi keterampilan yang sangat krusial, terutama bagi generasi muda. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu H. Sugandi Miharja, Ph.D., dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang membawakan materi tentang pentingnya literasi media dalam dunia konseling dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter remaja dan Junaidi, M.Pd.I, Ketua Program Studi BKPI Institut Agama Islam Negeri Langsa, yang memberikan wawasan praktis tentang peran konselor dalam membimbing remaja menghadapi tantangan media digital. Webinar berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme yang mayoritas merupakan mahasiswa, menunjukkan partisipasi aktif melalui sesi diskusi dan tanya jawab, menandakan tingginya minat terhadap isu literasi media dalam konteks konseling. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan yang mampu menerapkan literasi media secara bijak dan membimbing lingkungan sekitarnya agar lebih kritis, cerdas, dan sehat secara emosional dalam menghadapi arus informasi yang begitu cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *